top of page

About Us

Jakflo Floral Academy

JAKFLO didirikan oleh Sara Rais dengan bantuan suaminya pada tahun 2005 sebagai pusat pelatihan floristry, untuk melakukan workshop dan demonstrasi yang tergabung dengan Flower Design School Australia, dimiliki dan dilatih oleh European Master Florist. Pada saat itu, dengan nama JAKFLO CREATIVE CENTRE menyediakan kelas bergradasi dengan sertifikasi internasional serta menerima pengadaan perlengkapan toko bunga.

Sara sendiri telah memulai karirnya di industri bunga dari tahun 1998 dengan membuka toko bunga dengan teman-teman nya di Jakarta, lalu membuat 4 serial buku merangkai bunga dengan penerbit Gramedia di tahun 2000, memiliki toko bunga dan wedding gallery di Australia dari tahun 2003 sampai 2011.  Sampai sekarang pun Sara tergabung di ASBINDO (Asosiasi Bunga Indonesia) sebagai pengurus bidang Pendidikan & Pelatihan.

Dan dari tahun 2019 sampai sekarang Sara telah ditunjuk oleh Istana Kepresidenan untuk menjadi Kepala Konsultan Dekorasi Istana bersama timnya dari Jakflo.

2023-01-06-13-44-45-555.jpg
DSCF4093.jpg

Pada tahun 2011, sebagai partner dan co-founder, Rara Sumawinata yang memiliki background accounting dan memiliki pengalaman bekerja di perusahaan corporate sebelum nya,  bergabung untuk berkolaborasi dalam mencapai tujuan perusahaan dengan visi & misi yang sama. 

Lalu di penghujung tahun 2015 setelah 10 tahun pengalaman dan meninjau bisnis mereka memutuskan  untuk lebih fokus pada floristry dan merubah nama JAKFLO CREATIVE CENTRE menjadi JAKFLO FLORAL ACADEMY, yang dengan bangga meluncurkan pendidikan formal floristry pertama dan satu-satunya di Indonesia dengan kurikulum yang telah disesuaikan dengan standar industri bunga baik lokal maupun internasional.

JAKFLO FLORAL ACADEMY (JFA) yang telah terdaftar sebagai lembaga pendidikan yang memiliki peran dalam meningkatkan kualitas SDM di Indonesia, adalah salah satu sekolah bunga terbaik di Indonesia yang semenjak 2015 telah memberikan pelatihan lengkap (comprehensive training) kepada mereka yang ingin bergabung di industri bunga baik lokal maupun Internasional, baik untuk hobi maupun professional.  Maka JFA hadir untuk menyiapkan lulusan yang siap bekerja di industri bunga di Indonesia.

Siswa tidak hanya diajarkan cara merangkai bunga, tapi juga modul pendukung lain nya, seperti kelas Colour, Flower Maintenance dan Business.  Mengingat sebagian besar florist adalah hobbyist yang tidak memiliki pendidikan dasar atas hal-hal tersebut tadi.

20230120_124934.jpg
MJR_9926.JPG.jpg

Semenjak tahun 2019 JFA telah terpilih sebagai Konsultan Dekorasi Istana Kepresidenan, yang bertanggung jawab untuk design, analisa harga dan supervisi pelaksanaan. 

JFA telah membuktikan kredibilitas nya dengan mendapatkan penunjukan langsung untuk mengerjakan dekorasi HUT RI 74, 75, 76, dan 77.

Selain itu JFA juga dipercaya untuk mendesain rangkaian rutin dan non-rutin di dalam Istana Negara dan Istana Merdeka serta desain dekorasi untuk tamu negara di Istana Bogor.

Visi Misi Jakflo adalah untuk menciptakan tenaga kerja profesional di industri bunga dan juga ikut memajukan bunga lokal dari sisi edukasi, sehingga diharapkan jika floristry Indonesia maju, petani  bunga lokal pun akan ikut sejahtera.

Jumlah murid JFA sampai saat ini sudah mencapai ribuan siswa baik yang berdomisili di Jakarta maupun luar kota.  Mereka yang dari luar kota datang khusus ke Jakarta untuk mengikuti kelas intensive yang diadakan secara regular di Jakarta.

Begitupun dengan jumlah follower di sosmed yang telah mencapai 13,000 serta 2,800 newsletter subscriber.

20230128_144007.jpg

Check Our Instagram

Contact
whatsapp-logo-png-2260.png
bottom of page